Jika anda pernah mengakses komputer lain dari jarak jauh, terutama ketika anda menjalankan sistem operasi yang berbeda, anda mungkin menggunakan PuTTY. PuTTY adalah open source network tools yang telah menjadi pusat dalam dunia jaringan dan administrasi sistem selama bertahun – tahun. 

Dalam artikel ini, Nevacloud akan membahas apa itu PuTTY, fitur hingga cara menggunakanya. Langsung saja mari kita mulai!

Apa itu PuTTY? 

PuTTY adalah aplikasi windows gratis yang memungkinkan anda membuat koneksi aman ke komputer jarak jauh. Awalnya dikembangkan untuk Windows, tetapi karena popularitasnya, telah diadaptasi untuk sistem operasi lain seperti macOS dan Linux juga.. Salah satu kegunaan paling umum untuk PuTTY adalah untuk membuka koneksi secure shell (SSH) ke server Unix jarak jauh, seperti server web berbasis Linux.

SSH adalah teknologi yang membantu Anda menghubungkan komputer Anda dengan aman ke command line server web Anda. SSH sudah diinstal sebelumnya di Mac atau Linux. Namun, Windows tidak mendukung SSH secara native, jadi Putty dibuat sebagai klien SSH untuk Windows.

PuTTY menyederhanakan administrasi server jarak jauh. Administrator sistem dapat melakukan tugas-tugas seperti pembaruan perangkat lunak, perubahan konfigurasi, dan pemecahan masalah tanpa memerlukan akses fisik ke server.

Ada beberapa protokol jaringan yang didukung, termasuk SCP, SSH, Telnet, rlogin, dan raw rocket link. Bahkan dapat terhubung ke port serial. Untuk beberapa platform mirip Unix tertentu, port resmi tersedia, dengan Classic Mac OS dan macOS. Selain itu, port tidak resmi untuk platform seperti Symbian, Windows phone, dan Mobile telah ditambahkan.

Baca Juga:   Motherboard : Pengertian, Fungsi, Komponen dan Jenisnya!

Dengan dukungan SCP dan SFTP, Putty memfasilitasi transfer file yang aman antara sistem lokal dan jarak jauh. Ini adalah solusi langsung untuk memindahkan file ke dan dari server

Fungsi PuTTY

  • sebagai File Transfer Protocol Putty dapat terhubung ke mesin jarak jauh melalui SSH. SSH (Secure shell) adalah protokol yang memungkinkan koneksi aman. Dengan cara ini, PC dapat dengan aman mengirim dan menerima data dari server jarak jauh. Putty menyediakan berbagai fitur transfer file seperti FTP dan SFTP, tergantung pada persyaratan keamanan pengguna.
  • untuk menghasilkan kunci SSH Saat ini, kata sandi rentan terhadap ancaman keamanan khususnya ketika Anda berurusan dengan banyak data rahasia secara online. Dengan kunci SSH, Anda cukup menunjuk ke kunci publik dan masuk ke server kapan saja tanpa memasukkan kata sandi atau nama pengguna apa pun.

Fitur PuTTY 

Putty menawarkan berbagai manfaat yang menjadikannya pilihan populer untuk akses jarak jauh dan tugas administrasi. Pertama, ringan dan mudah dipasang, membutuhkan sumber daya sistem minimal. Selain itu, Putty mendukung berbagai protokol, memungkinkan Anda untuk terhubung ke berbagai jenis sistem. Ini juga menyediakan metode enkripsi yang aman, memastikan kerahasiaan koneksi Anda. Putty sangat dapat disesuaikan, memungkinkan Anda untuk menyesuaikan antarmuka dan pengaturan dengan preferensi Anda. Terakhir, ini adalah open source, artinya terus ditingkatkan dan diperbaiki oleh komunitas pengembang. Berikut adalah beberapa fitur PuTTY yang bisa mengoptimalkan penggunaan PuTTY:

Konektivitas Aman

PuTTY memprioritaskan keamanan dengan menawarkan protokol enkripsi seperti SSh, memastikan bahwa semua data yang dipertukarkan antara sistem lokal dan jarak jauh tetap dienkripsi dan dilindungi dari potensi ancaman.

Manajemen Sesi

PuTTY memungkinkan anda untuk menyimpan konfigurasi koneksi sebagai “sesi”. Sehingga mudah untuk terhubung ke server yang sering diakses. Anda dapat menyesuaikan berbagai peraturan sesi seperti host, port, protokol, dan SSH key.

Baca Juga:   Apa Itu Gitlab? Ini Penjelasan Lengkapnya

Dukungan SSH, Telnet, dan rlogin

PuTTY terutama dikenal karena dukungan SSH-nya, yang memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan aman ke komputer dan server jarak jauh melalui internet. Selain SSH, Putty juga mendukung Telnet dan rlogin, yang dapat digunakan untuk terhubung ke komputer dan server jarak jauh melalui jaringan.

Emulasi Terminal

PuTTY menawarkan lingkungan emulasi terminal yang kuat. Ini memungkinkan anda untuk bekerja dengan sistem jarak jauh seolah-olah anda hadir secara fisik di konsol mesin, menjadikannya alat penting untuk mengelola server dan perangkat jaringan.

Komunikasi Serial 

Selain protokol jaringan, PuTTY mendukung komunikasi serial, memungkinkan koneksi ke perangkat seperti router, switch, dan sebagainya. Fungsi ini sangat berharga bagi network engineer dan teknisi perangkat keras.

X11 Forwarding

Bagi anda yang bekerja dengan aplikasi grafis di server jarak jauh, PuTTY mendukung X11 forwarding. Ini memungkinkan anda untuk menjalankan program grafis dari server jarak jauh dan menampilkannya secara lokal.

Port Forwarding

PuTTY dapat mengatur port forwarding, memfasilitasi akses aman ke layanan yang dihosting pada mesin remote melalui terowongan terenkripsi. Fitur ini sangat penting untuk tugas-tugas seperti mengakses antarmuka web di server jarak jauh.

Kustomisasi

Pengaturan PuTTY dapat disesuaikan dengan preferensi anda. PuTTY memungkinkan anda untuk menyesuaikan antar muka mulai dari ukuran, warna, font, hingga pintasan keyboard dan mouse.

Cara Menggunakan PuTTY 

Di bagian ini, Nevacloud akan memandu anda melalui proses langkah demi langkah untuk mengunduh, menginstal, dan mengkonfigurasi PuTTY untuk pemula. Langsung saja simak langkah – langkah menggunakan PuTTY:

Mengunduh dan Menginstal PuTTY

Kunjungi website resmi PuTTy (www.puttyhub.com) dan pilih versi yang sesuai untuk sistem operasi anda. Jalankan penginstal dan ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan proses instalasi.

Baca Juga:   Cara Install Drupal di VPS Nevacloud

Mengkonfigurasi Pengaturan Koneksi

Setelah instalasi, buka PuTTY. Anda akan disajikan dengan jendela sederhana di mana Anda dapat mengkonfigurasi pengaturan sesi Anda. Di jendela Konfigurasi Putty, masukkan nama host atau alamat IP server jarak jauh yang ingin Anda sambungkan. Pilih jenis koneksi (SSH, Telnet, dll.) dan tentukan port jika berbeda dari default.

Autentikasi SSH

ika Anda terhubung melalui SSH, Anda dapat mengatur autentikasi dengan memberikan nama pengguna dan kata sandi atau file kunci privat SSH.

Simpan Sesi

Untuk menghemat waktu di masa mendatang, Anda dapat menyimpan pengaturan sesi Anda dengan memasukkan nama di bidang “Sesi Tersimpan” dan mengklik tombol “Save”. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah memuat konfigurasi Anda nanti.

Menghubungkan

Klik tombol “Buka” untuk memulai koneksi. Jika Anda terhubung ke server untuk pertama kalinya, Anda akan menerima peringatan keamanan untuk memverifikasi sidik jari server. Setelah diverifikasi, Anda akan diminta untuk memasukkan kredensial.

Bekerja dari Jarak Jauh

Setelah berhasil terhubung, Anda dapat bekerja pada baris perintah sistem jarak jauh seolah-olah Anda hadir secara fisik.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

PuTTY tetap menjadi alat yang andal dan banyak digunakan untuk administrasi sistem jarak jauh, pemecahan masalah jaringan, dan transfer file yang aman. Dukungannya untuk berbagai protokol, opsi penyesuaian, dan kemudahan penggunaan menjadikannya tambahan yang berharga untuk toolkit profesional TI mana pun.

Baik Anda mengelola server, mengkonfigurasi perangkat jaringan, atau sekadar mengakses sistem jarak jauh, Putty terus menjadi solusi masuk untuk akses jarak jauh yang aman dan efisien.Terlepas dari itu, jika anda sedang mencari VPS dengan teknologi terbaik, anda dapat menggunakan VPS dari Nevacloud. Tunggu apalagi? kunjungi website Nevacloud dan temukan beragam penawaran menariknya!

Avatar for Hiqbal Fauzi

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.