Rupiah Indonesia Dapatkan Gratis Saldo Rp70.000!

Seperti yang kita ketahui bahwa, setiap situs web atau aplikasi sederhana membutuhkan interaksi dengan data atau manajemen data, sehingga menggunakan database phpMyAdmin telah menjadi salah satu platform perangkat lunak open-source yang populer, gratis, untuk administrasi data MySQL dan MariaDB melalui dunia web. Alat ini terutama ditulis dalam PHP untuk web hosting dan layanan terkait.

Apa itu PHPMyAdmin

PHPMyAdmin adalah open source tools yang digunakan untuk tujuan mengelola database seperti database application system MariaDB dan MySQL. Tools ini dapat diunduh dari website PHPMyAdmin secara langsung dan gratis. 

Perangkat lunak ini memungkinkan anda untuk mengelola database sebanyak yang anda inginkan. Anda dapat mengedit tabel dan value, membuat dan menghapus database, atau bahkan mengimpor dan mengekspornya. 

Ini menyediakan antarmuka yang ramah pengguna yang menyederhanakan pengelolaan database, sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai operasi pada database mereka. PhpMyAdmin tersedia untuk instalasi pada Windows dan beberapa distro Linux, dan mendukung pengelolaan beberapa database.

Fungsi PHPMyAdmin

Setelah Anda tahu apa itu phpmyadmin, artikel ini akan menjelaskan fungsinya secara rinci, sehingga Anda dapat mengetahui banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakannya. 

PHPMyAdmin dapat digunakan untuk membuat, mengedit, dan menghapus database, tabel, serta membuat atau menghapus relasi antar tabel, mensortir data, dan fungsi lainnya sesuai kebutuhan Anda. Saat menggunakannya, Anda akan menemukannya mudah dan memiliki cara yang lebih efisien untuk membuat database menuju web server.

Baca Juga:   Apache vs Nginx : Web Server Mana yang Lebih Bagus?

Dengan fasilitas import PHPMyAdmin, Anda dapat membuat database dengan ekstensi.SQL dan kemudian memindahkannya ke versi web yang tersedia saat menggunakan versi offline. Selain itu, penting untuk mempertimbangkan kunci utama dan kunci luar, serta hubungan data mereka, saat membuat tabel-tabel untuk database.

Kelebihan PHPMyAdmin

phpMyAdmin menawarkan beberapa keuntungan seperti:

  • Open source: phpMyAdmin adalah perangkat lunak gratis dan sumber terbuka, membuatnya dapat diakses oleh semua pengguna.
  • Ramah pengguna: Antarmuka pengguna intuitif dan mudah digunakan, membuatnya ideal untuk pengguna non-teknis.
  • Antarmuka berbasis web: Antarmuka berbasis web memudahkan untuk mengelola database dari mana saja dengan koneksi internet.
  • Pencadangan dan pemeliharaan: Pengguna dapat melakukan tugas pencadangan dan pemeliharaan dengan mudah, mengurangi risiko kehilangan data.

Cara Instal PHPMyAdmin

Pada tutorial kali ini, Nevacloud akan membahas cara menginstal PHPMyAdmin di sistem operasi Windows. Menginstal phpMyAdmin di Windows akan paling mudah dengan perangkat lunak pihak ketiga. Program seperti XAMPP berisi semua yang diperlukan untuk phpMyAdmin dan mereka juga memungkinkan Anda untuk mengatur server web Apache. Namun, Git atau Docker juga memungkinkan Anda untuk menginstal phpMyAdmin di Windows tanpa masalah. Kami akan menunjukkan cara menginstal phpMyAdmin dengan XAMPP. Petunjuk tentang cara menginstal phpMyAdmin dengan sistem kontrol versi Git atau Docker dapat ditemukan di dokumentasi resmi untuk antarmuka web.  Mari simak langkah – langkahnya dibawah ini:

Langkah 1: Unduh dan Instal XAMPP

Mulailah dengan menginstal program XAMPP. Sangat mudah untuk mengunduh file yang diperlukan dari situs web resmi distribusi Apache open source. Ikuti petunjuk wizard instalasi atau gunakan tutorial XAMPP kami untuk menyelesaikan instalasi di sistem Anda.

Langkah 2: Mulai web server dan database di XAMPP

Anda dapat memulai program setelah unduhan XAMMP selesai. Mulai server web Apache dan database MySQL di panel kontrol XAMPP dengan mengklik tombol ‘Start’ untuk menggunakan phpMyAdmin.

Langkah 3: Buka antarmuka web PHPMyAdmin

Anda dapat dengan mudah membuka antarmuka web phpMyAdmin di browser Anda. Cukup ketik alamat ‘http://localhost/phpMyAdmin’ di bilah pencarian browser. Ini akan secara otomatis membawa Anda ke halaman awal phpMyAdmin. Anda dapat menyesuaikan pengaturan dan membuat atau mengelola database Anda sendiri di sini.

Baca Juga:   CDN Adalah : Fungsi, Cara Kerja & Penggunaannya!

Cara Menggunakan PHPMyAdmin

Setelah berhasil dengan proses unduh dan install PHPMyAdmin, kini saatnya untuk mengetahui cara menggunakannya. Berikut adalah beberapa langkah menggunakan PHPMyAdmin yang bisa anda lakukan:

Jalankan Query SQL

Cara pertama adalah mencoba menulis query SQL di kolom di tab SQL. Isi query yang diinginkan dan tekan tombol Go. Jika phpmyadmin berhasil mengeksekusi query, hasilnya akan ditampilkan.

Lihat Detail Status 

Pada bagian tab status, klik tombol status untuk melihat detail tentang waktu restart server MySQL terakhir. Anda juga akan melihat informasi lalu lintas yang terjadi pada server MySQL setiap jam.

Konfigurasi PHPMyAdmin

Tab settings bisa anda gunakan untuk menampilkan pilihan seperti reset, import, dan eksport. 

Import Database

Cara melakukan import database sangat sederhana. Anda hanya perlu masuk ke tab import dan klik tombol “pilih file”. Kemudian, Anda harus memilih file backup database yang telah tersimpan dalam perangkat komputer Anda. Normalnya, file disimpan dalam format zip, gzip, atau bzip. Kapasitas file yang dapat diunggah ke phpmyadmin tidak melebihi 50 MB atau 52 MB.

Export Database

Sebelum memulai export, pilihlah salah satu database dengan menekan tombol Go, dan tabel akan diunduh secara otomatis. Namun, pilihlah format file yang akan Anda export, seperti SQL, PDF, Microsoft Word, MS Excel, atau CSV, antara lain.

Selama proses ekspor, Anda dapat memilih metode Quick atau Custom. Setelah memilih opsi tersebut, klik “Go”, dan database akan dieksport dan disimpan di komputer Anda. Jika Anda tidak dapat mengakses cPanel, Anda dapat menggunakan fitur database atau full backup.

Hapus Database

Selain ekspor dan import, Anda juga dapat menghapus database yang sudah ada melalui cPanel dengan mengakses menu MySQL databases. Ini akan menemukan daftar database di bagian saat ini database dan Anda dapat klik delete untuk menghapusnya. Jika hosting phpmyadmin memiliki fitur untuk menghapus database, Anda dapat menemukannya di tab operation dengan mengklik database terlebih dahulu, dan kemudian klik delete database. Database akan dihapus secara otomatis.

Baca Juga:   MikroTik Adalah : Fungsi, Jenis & Cara Settingnya!

Perbedaan PHPMyAdmin dengan  MySQL

MySQL adalah database open source paling populer di dunia. Dengan kinerja, keandalan, dan kemudahan penggunaan yang telah terbukti, MySQL telah menjadi pilihan basis data terkemuka untuk aplikasi berbasis web, yang digunakan oleh properti web profil tinggi termasuk Facebook, Twitter, YouTube, dan kelima dari lima situs web teratas. Selain itu, ini adalah pilihan yang sangat populer sebagai basis data tertanam, didistribusikan oleh ribuan ISV dan OEM.

phpMyAdmin adalah alat administrasi gratis dan open source untuk MySQL dan MariaDB. Sebagai aplikasi web portable yang ditulis terutama dalam PHP, ini adalah salah satu alat administrasi MySQL paling populer, terutama untuk layanan hosting web.

Dalam istilah sederhana, satu adalah database, dan satu lagi adalah alat untuk mengakses data dari database itu. Itulah perbedaannya.

Manakah yang Lebih Baik?

Kita sudah tahu apa bedanya MySQL dan PHPMyAdmin di atas. Jika ada pertanyaan tentang mana yang lebih baik, jawabannya tergantung pada kebutuhan pengguna. Dibandingkan dengan keduanya, MySQL memiliki kemampuan untuk terhubung dengan banyak server dan memiliki alat pertanyaan tambahan dan shell perintah yang sudah tertanam. Selain itu, phpMyAdmin adalah program gratis yang dibuat dengan PHP dan dirancang untuk menangani segala hal yang berkaitan dengan manajemen dan pengelolaan database. Interfacenya yang ramah pengguna membuatnya mudah digunakan.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

phpMyAdmin adalah alat efisien yang menawarkan ketentuan untuk proses terkait basis data seperti manajemen basis data, pemeliharaan basis data, dan administrasi basis data, selain preferensi terkait antarmuka pengguna lainnya. Ketika sebuah aplikasi menggunakan MySQL, phpMyAdmin adalah metode yang paling banyak akal untuk memungkinkan aksesibilitas ke database yang terhubung dan node masing-masing.terlepas dari itu, jika anda sedang mencari VPS murah dengan teknologi terbaik namun tetap ramah dikantong, Nevacloud punya solusinya! Kunjungi Nevacloud dan temukan penawaran menariknya!

Avatar for Hiqbal Fauzi

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.