3+ Cara Mudah Cek IP VPS [Tanpa Ribet!]

3+ Cara Mudah Cek IP VPS [Tanpa Ribet!]
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • March 16, 2023

IP Virtual Private Server atau IP VPS adalah alamat unik yang ditetapkan ke virtual private server atau VPS. Alamat ini digunakan untuk mengidentifikasi server di jaringan, dan juga digunakan oleh server untuk berkomunikasi dengan perangkat lain di jaringan. Bisanya alamat IP bersifat publik, tetapi juga ada yang bisa menjadi alamat IP pribadi. Sebelum kita menuju ke cara mudah cek IP VPS, anda harus tau apa sebenarnya IP dan VPS itu.

Alamat IP atau Internet Protocol adalah serangkaian angka yang mengidentifikasi setiap perangkat individu di jaringan. Setiap IP dalam jaringan harus berbeda satu sama lain (unik). Karena itu, biasanya ada dua set IP per perangkat, yaitu IP internal dan IP eksternal.

IP internal adalah nomor yang ditetapkan ke perangkat anda di jaringan lokal. Sebagai contoh, jaringan lokal adalah perangkat yang terhubung di dalam rumah anda di router anda. Sedangkan alamat IP eksternal diberikan kepada anda oleh penyedia layanan IP (ISP) anda saat terhubung ke servernya untuk akses internet. Ada dua jenis IP eksternal yaitu IPv4 dan IPv6.

Awalnya, alamat IP menggunakan format IPv4, yang berarti setiap alamat terdiri dari empat set angka. Dengan meningkatnya jumlah perangkat yang terhubung, IPv6 mulai diperkenalkan.   

Virtual Private Server (VPS) sendiri adalah layanan hosting yang menggunakan teknologi virtualisasi untuk memberikan anda sumber daya khusus atau pribadi di server dengan banyak pengguna. anda akan memiliki kendali penuh pada server anda. Pasalnya, dengan menggunakan teknologi virtualisasi, penyedia layanan hosting anda menginstal lapisan atau dinding virtual di atas sistem operasi server. Lapisan ini membagi server menjadi beberapa partisi sesuai dengan jumlah penyewa virtual private server sehingga memngkinkan setiap pengguna untuk menginstal sistem operasi dan perangkat lunak mereka sendiri.

Baca Juga:   Apa Itu Cloud Server? Pengertian dan Kelebihannya!

Menjalankan virtual private server memungkinkan anda untuk dapat mengatur situs web anda dalam wadah yang aman dengan sumber daya yang terjamin. Sumber daya tersebut meliputi memori, ruang disk, CPU, dan lain sebagainya. anda tidak perlu membagi sumber daya tersebut dengan pengguna server lain. Menggunakan virtual private server anda akan memiliki akses tingkat root yang sama. Hal ini akan memberikan anda pengalaman seolah – olah anda memiliki server khusus namun dengan biaya yang jauh lebih murah.

Saat anda membeli virtual private server, anda akan diberikan informasi dasar untuk mengakses server anda. Salah satunya adalah alamat IP. Namun, seiring waktu, kami mungkin melupakan detail IP ini Penyedia layanan hosting anda akan menetapkan alamat IP untuk akun virtual private server anda . Jadi anda sering harus mencari cara untuk memeriksa IP VPS anda, bukan? Nevacloud telah merangkum beberapa cara mudah yang dapat membantu anda untuk mengecek IP VPS anda tanpa ribet. Simak ulasannya berikut.

Baca Juga : VPS Murah Indonesia Terbaik Nevacloud

Cara Mudah Cek IP VPS (IPv4 & IPv6)

Alamat IP situs web anda biasanya diberikan kepada anda oleh penyedia layanan hosting web sehingga anda tidak benar – benar perlu mencari atau mengeceknya. Setelah anda mendaftar untuk paket hosting situs web, detail akun akan dikirimkan kepada anda biasanya melalui email. 

Baca Juga:   Web Server : Fungsi, Cara Kerja dan Contohnya!

Diantara detail tersebut adalah alamat IP yang dapat anda gunakan untuk mengakses akun virtual private server anda. Sampai anda menautkan nama domain ke alamat IP tersebut, anda harus menggunakannya untuk dapat masuk ke panel kontrol virtual private server anda. 

Namun, ada beberapa cara berbeda yang bisa anda coba untuk mengecek IP VPS anda dengan mudah. Sebagai catatan singkat, Jika VPS anda menggunakan sistem operasi berbasis Linux seperti Ubuntu, Debian, CentOS, dll, anda bisa mempraktekkan semua cara yang akan kita ulas. Satu hal lagi yang harus anda perhatikan yakni anda dapat mempraktikkan semua cara dibawah ini dan anda bisa melihat 12 digit alamat IPv4, terapi tidak semua cara bisa diimplementasikan untuk melihat detail IPv6. Jadi, anda jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan ya!

1. Cara cek IP VPS lewat perintah ip route show

Sebelum melanjutkan, kami ingin mengingatkan Anda bahwa untuk memeriksa IP VPS Anda tanpa nomor panel 2-5, Anda perlu SSH ke server. Jadi, selain mengecek alamat IP, tuliskan detail port SSH, username, dan password VPS di panel server.

Untuk softwarenya, Jika anda menggunakan sistem operasi MacOS atau Linux, anda bisa menggunakan aplikasi terminal console bawaan. Akan tetapi jika anda adalah pengguna Windows, anda bisa menggunakan aplikasi PuTTy untuk masuk ke dalam server. Dan jika anda adalah pengguna android, anda bisa login ke VPS di android melalui beberapa aplikasi gratis di PlayStore, misalnya aplikasi mobile SSH untuk android.

Setelah berhasil login, jalankan perintah “ip route show”. Dan anda akan dapat melihat informasi seperti pada gambar dibawah ini:

Bagian yang diberi tanda merah adalah IP VPS anda. Namun, IP Route Show hanya dapat menampilkan IPv4 12 digit. Jika anda ingin melihat IPv6, Anda dapat mencoba 3 opsi di bawah ini.

Baca Juga:   Cyber Crime: Pengertian, Jenis, dan Dampak

2. Cara mengetahui IP VPS dengan perintah ifconfig

Anda dapat memeriksa detail VPS IPv4 dan IPv6 Anda dengan menjalankan perintah ifconfig. Jika demikian, ini kurang lebih adalah keluaran yang Anda lihat:

Seperti biasa, IPv4 berwarna merah dan IPv6 berwarna hijau. Ini sangat lengkap. Sisi negatifnya adalah informasi IPv4 dan IPv6 sedikit tersebar. Jadi berhati-hatilah saat mengidentifikasi diri Anda.

3. Cara mengecek IP VPS menggunakan perintah ip a

Seperti namanya, perintah ini digunakan untuk menampilkan detail IPv4 dan IPv6. Untuk menampilkan alamat IP Anda menggunakan perintah ip, ketik ip di terminal sebagai berikut:

Nah, sudah terlihat IP VPS anda. Bagian yang diberi tanda merah adalah IPv4 anda dan bagian yang diberi tanda hijau adalah IPv6 anda.

4. Cara mengecek IP VPS via perintah hostname -I

Cara cek IP VPS lainnya yang bisa Anda coba adalah perintah hostname -I.ntara lain, perintah yang satu ini menghasilkan keluaran yang paling sederhana. Ini tersedia dalam perangkat lunak SSH dengan memasukkan perintah hostname -I.

Bagaimana? Ternyata meskipun caranya cukup simple dan mudah terapi tetap membutuhkan kejelian ya untuk mengecek IP VPS sendiri. Sekarang anda sudah berhasil membaca semua cara mudah untuk cek IP VPS sendiri. Dari beberapa cara ada yang hanya bisa melihat detail IPv4 milik VPS anda, ada juga yang langsung menampilkan IPv4 dan IPv6 sekaligus. Diantara lima cara mudah mengecek IP VPS, manakah yang menjadi favorit anda?

Oh ya, Jika anda ingin memiliki virtual private server dan cloud server yang tidak butuh banyak pengalaman teknis dan harganya terjangkau, anda bisa menggunakan layanan cloud server dari Nevacloud.

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast