Setiap komputer pasti memiliki perangkat penyimpanan sebagai komponen utamanya. Tanpa memori ini, perangkat tidak dapat menyimpan data atau melakukan berbagai proses yang diperintahkan oleh pengguna. Salah satu sistem penyimpanan tersebut adalah NVMe.

Dulu, banyak orang menggunakan hard drive sebagai penyimpanan utama untuk komputer desktop dan laptop mereka. Namun, saat ini sudah ada berbagai teknologi yang lebih cepat dan bisa menggantikan harddisk tradisional. Salah satunya adalah NVMe.

Hard disk drive atau HDD saat ini dirasa mulai outdated sehingga ditinggalkan dan digantikan dengan Solid state drive atau SSD yang memiliki kemampuan lebih cepat. Nah, NVMe merupakan salah satu teknologi yang ada pada SSD. Teknologi ini memungkinkan penyimpanan data di dalam chip flash memory meskipun tidak adanya aliran listrik.

Sejak awal tahun 2000, sistem penyimpanan di berbagai perangkat seperti komputer, laptop, dan server menggunakan driver SATA (Serial Advanced Technology Attachment). Akan tetapi protokol ini memiliki berbagai kekurangan dan dirasa terlalu lambat dalam memproses data dengan ukuran besar.

NVMe hadir sebagai solusi untuk permasalahan tersebut. NVMe merupakan protokol akses dan transportasi penyimpanan baru untuk flash dan solid state drive (SSD) generasi berikutnya yang memberikan throughput tertinggi dan waktu respons tercepat untuk semua jenis beban kerja. Kali ini Nevacloud akan membahas lebih dalam apa itu NVMe. Mari kita mulai!

Apa Itu NVME? 

Non Volatile Memory Express (NVMe) adalah teknologi antarmuka penyimpanan yang diperkenalkan pada tahun 2013. “Non-Volatile” berarti penyimpanan tidak terhapus saat komputer Anda reboot, sedangkan “Express” mengacu pada fakta bahwa data bergerak melalui antarmuka PCI Express (PCIe) pada motherboard komputer Anda. Ini memberi drive koneksi yang lebih langsung dengan motherboard Anda karena data tidak harus melompat melalui pengontrol Serial Advance Technology Attachment (SATA). Hal ini berarti teknologi ini memiliki performa yang tinggi dengan waktu respons sangat cepat untuk berbagai jenis kebutuhan.

Baca Juga:   Apa Itu Aapanel? Fitur dan Fungsinya!

Anda dapat menggunakan NVMe pada PC hingga komputer server anda. Saat ini, pengguna mengharapkan waktu respons yang lebih cepat dari sebelumnya baik dari aplikasi konsumen maupun bisnis, meskipun aplikasi itu sendiri menjadi lebih kompleks dan bergantung pada sumber daya.

Untuk memberikan pengalaman pengguna dengan bandwidth tinggi dan latency rendah, protokol NVMe mengakses penyimpanan flash melalui bus PCI Express (PCIe), yang mendukung puluhan ribu antrian perintah paralel, menjadikan hard drive tradisional dan semuanya Jauh lebih cepat daripada arsitektur flash. , terbatas pada antrian perintah.

Spesifikasi NVMe menggunakan persistent disk di semua jenis lingkungan komputasi. Ini juga terbukti di masa depan dan dapat diperluas untuk bekerja dengan teknologi penyimpanan persisten yang belum ditemukan.

Baca Juga : VPS Indonesia Terbaik dengan Teknologi NVMe

Fitur NVME

Baik itu kecerdasan buatan yang kuat, sistem hyperscale yang selalu aktif, atau bahkan permainan pribadi, protokol NVMe dapat memenuhi kebutuhan perusahaan yang dinamis dan dinamis serta menuntut lingkungan penyimpanan. Namun performa bukan satu-satunya hal yang membuat protokol baru penting untuk beban kerja berbasis data. 

NVMe juga memiliki beberapa fitur yang sangat inovatif yang memberikan keunggulan unik pada beban kerja yang ada dan membuka peluang aplikasi baru. Berikut adalah beberapa fitur NVMe yang harus Anda ketahui:

  1. Tidak diperlukan driver perangkat (khusus)
  2. Mendukung multipath I/O, ruang nama dan SR-IOV
  3. Multi-aliran untuk mengurangi akumulasi data sampah
  4. Mendukung pengambilan peristiwa asinkron (pemuatan gambar SMART & firmware) yang berguna untuk pembersihan, pelaporan kesalahan, dll.
  5. Mendukung partisi boot
  6. Mendukung manajemen daya dan termal

Fungsi NVME

NVME adalah suatu terobosan yang sangat maksimal bagi pusat data perusahaan dalam menghemat waktu. Teknologi ini datang sebagai solusi dan menjawab tantangan penyimpanan serta mengurangi beban pekerjaan pusat data. Berikut adalah beberapa fungsi dari NVMe:

  1. Tidak seperti protokol yang dikembangkan pada zaman hard drive mekanis, NVMe tidak hanya memanfaatkan penyimpanan solid state, tetapi juga CPU multi-core dan penyimpanan gigabyte saat ini.
  2. Penyimpanan NVMe juga menggunakan set instruksi yang disederhanakan untuk menganalisis dan memanipulasi data secara efisien.
Baca Juga:   Apa Itu Block Storage : Kelebihan dan Cara Kerjanya! 

Cara Kerja NVME

Awalnya, banyak sistem penyimpanan komputer menggunakan harddisk dengan antarmuka SATA. Setelah munculnya teknologi SSD, banyak server dan PC mulai beralih ke SSD sebagai media penyimpanannya. Sayangnya, protokol ini memiliki banyak kekurangan, antara lain: B. Kecepatan terbatas dan bandwidth rendah yang mengganggu transfer data besar. Selain itu, setiap drive memerlukan port terpisah pada motherboard, membatasi jumlah sistem yang dapat Anda sambungkan. SSD biasanya memiliki bandwidth yang lebih rendah dan kapasitas yang lebih kecil. Konektor SSD motherboard juga terbatas, karena setiap drive memerlukan konektornya sendiri.

NVMe pertama kali muncul pada tahun 2011 dan dimaksudkan untuk mengatasi kekurangan SSD sebelumnya. Media penyimpanan ini berfungsi sebagai antarmuka dan protokol yang digunakan dengan PCIe untuk memproses data. Teknologi NVMe memungkinkan SSD terhubung langsung ke CPU di bus PCIe dan mentransfer data melalui jalur berkecepatan tinggi. Jalur PCIe Gen 4 dapat mentransfer data hingga 2.000 MB/dtk, dan SSD NVMe dapat menggunakan hingga 4 jalur.

Keunggulan NVMe adalah kemampuannya untuk memproses data kompleks dalam jumlah besar dengan cepat. Memori non-volatile ini menghubungkan SSD ke CPU dan dapat mengirimkan data hingga empat jalur berkecepatan tinggi. Kecepatan ini 3-4 kali lebih cepat dari hard drive SATA yang hanya tersedia 1 jalur.

Baca Juga : Block Storage Murah Terbaik

Contoh NVME

Berikut adalah contoh keunggulan dari penggunaan NVMe:

  1. Interaksi pelanggan real time di bidang keuangan, distributor perangkat lunak, e-commerce dll.
  2. Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML), Big Data, Aplikasi Analisis Lanjutan
  3. DevOps memungkinkan Anda melakukan lebih banyak iterasi dalam waktu yang lebih singkat 

Tertarik Untuk Menggunakan Server dengan Teknologi NVME dari Nevacloud?

Ada banyak perkembangan menarik terkait penambahan standar NVMe. Beberapa antrean, penggabungan IO, penentuan kepemilikan dan prioritas proses, multipathing dan virtualisasi I/O, menangkap pembaruan perangkat asinkron, dan banyak fitur perusahaan lainnya yang sebelumnya tidak ada. Kekuatan ini membuka peluang baru untuk bisnis berbasis data di mana pun.

Baca Juga:   Rest API adalah: Pengertian, Fungsi, dan Kelebihan

Sistem perusahaan biasanya padat data, tetapi pertumbuhan eksponensial dalam permintaan dari data dan aplikasi baru dapat memperlambat SSD. Bahkan SSD berperforma tinggi yang diasosiasikan dengan protokol penyimpanan lama dapat mengalami penurunan performa, peningkatan latensi, dan penurunan kualitas layanan saat menghadapi tantangan baru data berkecepatan tinggi.

Kemampuan unik NVMe membantu menghilangkan kemacetan dan penskalaan untuk memenuhi permintaan data baru, mulai dari aplikasi basis data tradisional hingga arsitektur komputasi edge yang baru. Dirancang untuk media penyimpanan non-volatile berkinerja tinggi, NVMe adalah satu-satunya protokol yang unggul dalam ekosistem perusahaan, penyimpanan cloud, dan data yang sangat menuntut dan padat data. Jadi tidak perlu heran jika NVMe menjadi pilihan yang paling diminati saat ini.

Tertarik untuk menggunakan VPS? Anda bisa mendapatkan VPS di Nevacloud. Kunjungi Nevacloud dan temukan layanan VPS dan Cloud VPS dengan harga terjangkau!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast