Kelebihan dan Kekurangan Linux Beserta Kegunaanya

Kelebihan dan Kekurangan Linux Beserta Kegunaanya
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • July 21, 2023

Apa Itu Linux?

Linux adalah sistem operasi (OS) mirip Unix, open source dan dikembangkan komunitas untuk komputer, server, mainframe, perangkat seluler, dan embedded devices. Linux dirancang agar mirip Unix, tetapi telah berevolusi untuk berjalan pada berbagai perangkat keras dari ponsel hingga supercomputer. Setiap sistem operasi berbasis linux melibatkan kernel linux (yang mengelola sumber daya perangkat keras) dan satu set paket perangkat lunak yang membentuk sisa sistem operasi. 

Sejarah Linux

Linus Torvalds mulai menggarap linux sebagai pengganti sistem operasi MInix saat berada di Universitas Helsinki di Finlandia. Setelah merasa frustasi dengan lisensi Minix, Torvalds mengumumkan kepada kelompok pengguna Minix pada tanggal 25 Agustus 1991 bahwa ia sedang mengembangkan sistem operasinya sendiri, yang menyerupai Minix. Meskipun awalnya dikembangkan di Minix menggunakan compiler GNU C, kernel linux dengan cepat menjadi proyek unik dengan inti pengembang yang merilis versi 1.0 kernel dengan Torvalds pada tahun 1994.

Linux sekarang dianggap sebagai sistem Unix yang sangat matang yang dapat digunakan untuk pengembangan perangkat lunak, jaringan, dan pekerjaan sehari-hari. Atau, Linux dapat menjadi pilihan jika sistem operasi komersial dianggap terlalu mahal.

Pengembangan Linux

1991 – Linus Torvalds, seorang programmer muda dari Finlandia mengumumkan bahwa ia sedang mengerjakan sistem operasi bebas di bawah bendera newsgroup Usenet. Perusahaan kemudian meluncurkan versi aktif pertama Linux 0.01 di internet. 

1993 – Patrick Volkerding meluncurkan Slackware, distribusi linux pertama yang pernah ada. Pada tahun yang sama Ian Murdock merilis versi awal Debian yang meletakkan dasar untuk Ubuntu, MEPIS, dll. Buku pertama tentang pemrograman dan instalasi linux diluncurkan.

Baca Juga:   Search Encrypt : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja Serta Kelebihan 

1995 – Tahun yang penting dalam hal pemasaran linux karena perusahaan mengadakan pameran linux pertama. Itu kemudian menjadi tradisi selama beberapa tahun ke depan. Ini adalah pameran dagang pertama dari jenisnya dan menampilkan banyak perangkat lunak dan pembaruan oleh berbagai marketer.

1997 – Maskot Tux dibuat dan perusahaan meluncurkan versi baru yang disebut linux kernel 2.0. Linux mulai mendapatkan penerimaan diantara berbagai organisasi bisnis karena arsitekturnya yang unik.  

2000 – distribusi linux naik menjadi 200% yang mencengangkan dalam waktu tiga bulan setelah rilis versi utama kedua. Sesuai laporan IDC tahun 2000, linux menjadi sistem operasi paling populer kedua untuk komputer server di dunia. 

2007 – selama rentang waktu tujuh tahun, sistem operasi linux menghadapi beberapa klaim hukum mengenai ancaman keamanan oleh perusahaan seperti Microsoft, Apple, IBM, Red Hat, dll. Plus, perusahaan meluncurkan versi desktop user friendly pertama dari jenisnya yang disebut Ubuntu. 

2008 hingga sekarang – pengguna global sistem operasi linux menyentuh angkah 20 juta pada tahun 2010. Banyak antarmuka dirilis dalam durasi beberapa tahun kedepan dengan chromebook Google menjadi yang paling populer dari semuanya. Linux 3.0 diluncurkan pada tahun 2011 dengan pembaruan platform game di tahun berikutnya. Torvalds mengumumkan linux 5.0 dirilis pada tahun 2020. 

Kelebihan Linux

Open Source

Salah satu kelebihan terbesar dari linux adalah bahwa ini adalah sistem operasi open source. Ini berarti bahwa source code sistem operasi tersedia secara bebas bagi siapa saja untuk digunakan, dimodifikasi, dan didistribusikan. Ini menjadikannya pilihan tepat bagi pengembang dan profesional TI yang ingin menyesuaikan sistem operasi agar sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya, perusahaan dapat memodifikasi sistem operasi untuk menyertakan fitur spesifik yang diperlukan untuk bisnis mereka.

Baca Juga:   Apa Itu Scam? Jenis, Cara Kerja, hingga Tips Menghindarinya

Stabilitas dan Keandalan

Linux dikenal karena stabilitas dan keandalannya. Sistem operasi dirancang untuk berjalan dalam jangka waktu yang lama tanpa crash atau memerlukan reboot. Ini menjadikannya pilihan tepat untuk server dan sistem lain yang perlu aktif dan berjalan 24/7. Misalnya, perusahaan web hosting dapat menggunakan linux untuk menjalankan server mereka, mengetahui bahwa server mereka akan tetap stabil dan dapat diandalkan.

Keamanan

Linux dianggap sebagai salah satu sistem operasi paling aman yang tersedia. Sistem operasi ini dirancang dengan mempertimbangkan keamanan, dan kurang rentan terhadap virus dan malware daripada sistem operasi lain. Ini menjadikannya pilihan tepat bagi pengguna yang peduli dengan keamanan data mereka.

Hemat Biaya

Linux adalah sistem operasi yang hemat biaya, karena tersedia secara bebas dan dapat digunakan tanpa biaya lisensi. Ini menjadikannya pilihan tepat bagi pengguna yang memiliki anggaran terbatas. Misalnya, bisnis kecil dapat menggunakan linux untuk menjalankan server mereka, mengetahui bahwa mereka tidak perlu membayar biaya lisensi apapun.

Kekurangan Linux

Ketersediaan Software Terbatas

Salah satu kekurangan terbesar linux adalah bahwa sistem operasi memiliki ketersediaan software yang terbatas. Banyak software developer tidak membuat software untuk linux, yang berarti bahwa pengguna mungkin tidak dapat menemukan software yang mereka butuhkan. Misalnya, seorang graphic designer mungkin tidak dapat menemukan software tertentu yang mereka butuhkan untuk pekerjaan mereka.

Dukungan Hardware Terbatas

Banyak produsen hardware tidak membuat driver untuk linux, yang berarti bahwa pengguna mungkin tidak dapat menggunakan hardware tertentu dengan sistem operasi linux, misalnya, pengguna mungkin tidak dapat menggunakan printer tertentu dengan sistem operasi linux.

Sulit Dipelajari

Linux bisa sulit dipelajari, terutama bagi pengguna yang tidak terbiasa dengan command line interface. Hal ini dapat menyulitkan pengguna untuk menavigasi dan menggunakan sistem operasi. Misalnya, seorang pemula mungkin merasa sulit untuk menavigasi sistem operasi dan mungkin memerlukan pelatihan tambahan. 

Baca Juga:   Apa Itu SMTP, Kelebihan, dan Cara Kerja

Kegunaan Linux

Sistem Operasi Komputer

Fungsi utama Linux adalah bertindak sebagai komputer desktop. Dengan Linux alih-alih Windows, Anda masih dapat menjelajahi web, menggunakan aplikasi kantor, mendengarkan musik, menonton film, dan lainnya. Perkembangan Linux dan berbagai distronya juga terkait dengan penggunaan Linux sebagai sistem operasi yang handal.

Mengelola Server

Linux pasti digunakan untuk server serta persyaratan desktop. Faktanya, perusahaan besar seperti Amazon dan Microsoft mempercayai Linux untuk server mereka. Keamanan Linux tentunya menjadi salah satu alasan untuk menggunakan Linux. Selain enkripsi, ada fitur seperti autentikasi dua faktor yang membuat akses lebih aman.

Selain itu, Linux memiliki kemampuan untuk memperbarui dirinya secara otomatis saat terhubung ke jaringan Internet. Beberapa distribusi Linux seperti Ubuntu, Debian, CentOS, dan Fedora dirancang untuk mengelola server. Oleh karena itu, VPS Anda harus menggunakan Linux sebagai sistem operasinya.

Sistem Operasi Mobile

Linux juga dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai sistem operasi seluler. Misalnya Android, Tizen, dll. Ini berarti siapa pun yang memiliki pengetahuan teknis tentang Linux dapat memodifikasi OS Android. Sayangnya, pengembangan sistem operasi mobile dengan Linux tidak seintensif desktop.

Sistem Operasi Multifungsi

Pengembangan Linux melampaui ketiga kemampuan ini. Seiring kemajuan teknologi, Linux juga mendukung penggunaan berbagai perangkat, seperti mengelola televisi, pengawasan video, dan lainnya.

Perbedaan Linux dengan Sistem Operasi Lainnya

Berikut adalah tabel perbandingan linux dengan sistem operasi lainnya berdasar pada beberapa indikator dibawah ini: 

IndikatorLinuxSistem Operasi Lain
HargaPada sebagian besar dari distro Linux tidak memungut biaya sepeser pun (gratis)Sistem operasi lain mengharuskan penggunanya membeli lisensi 
Dukungan Software dan HardwareMasih minim dukungan baik untuk software dan hardwarenyaTerdapat banyak sekali dukungan software untuk aplikasi populer dan driver hardware yang selalu update dan terbilang lengkap
KemudahanSulit untuk dipelajari terutama bagi pemula yang belum terbiasa dengan command line interfaceMudah digunakan secara umum

Tertarik menggunakan VPS dengan teknologi Nevacloud terbaik?

Kesimpulannya, Linux adalah sistem operasi open-source populer yang dikenal karena fleksibilitas, stabilitas, dan keamanannya. Namun, seperti sistem operasi lainnya, Linux juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.  terlepas dari itu, jika anda sedang mencari VPS murah dengan teknologi terbaik namun tetap ramah dikantong, Nevacloud punya solusinya! Kunjungi Nevacloud dan temukan penawaran menariknya!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast