Apa Itu RDP? Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya!

Apa Itu RDP? Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya!
Avatar for Titis Nur Pratomo
  • November 14, 2023

Remote Desktop Protocol banyak digunakan dalam teknologi akhir – akhir ini. Dengan menggunakan RDP, anda dapat terhubung ke komputer lain untuk pekerjaan jarak jauh atau terhubung ke server untuk mengelola situs web anda. Dalam artikel ini, Nevacloud akan membahas semua yang perlu anda ketahui tentang RDP sebagai access protocol yang paling banyak digunakan, mulai dari pengertian hingga cara menggunakannya!

Apa Itu RDP?

Remote Desktop Protocol (RDP) adalah koneksi jaringan yang memungkinkan anda untuk terhubung dari jarak jauh dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Pengguna remote desktop dapat mengakses desktop mereka, membuka dan mengedit file, dan menggunakan aplikasi seolah – olah mereka benar – benar sedang menggunakan komputer desktop mereka.

Sebagai microsoft protocol, versi RDP bawaan yang disebut Remote Desktop Connection yang sebelumnya dikenal sebagai Terminal Service Client sudah disertakan dalam Windows 10 dan sebagian besar versi windows sebelumnya. Anda dapat menggunakan RDP untuk menyambungkan ke komputer fisik dan solusi cloud computing seperti Azure untuk menyambungkan ke komputer virtual.

Akses remote desktop sangat berbeda dengan cloud computing, meskipun keduanya memungkinkan pengguna untuk bekerja dari jarak jauh. Dalam cloud computing, pengguna mengakses file dan aplikasi yang disimpan di cloud – khususnya di cloud server. Sebaliknya, ketika menggunakan remote desktop protocol, pengguna sebenarnya mengakses komputer desktop mereka dan hanya dapat menggunakan file dan aplikasi yang disimpan secara lokal di desktop itu.

Baca Juga:   Apa itu 404 Not Found? Ini Pengertian dan Cara Mengatasinya

Kelebihan dan Kekurangan RDP

Setelah mengetahui apa itu RDP saatnya untuk mengulas beberapa kelebihan dan kekurangan RDP. Mari kita mulai dengan kelebihan RDP terlebih dahulu:

Akses Jarak Jauh

RDP menyediakan akses jarak jauh tanpa batas ke komputer dan server dari manapun anda berada. Pengguna dapat terhubung ke workstation kantor mereka atau mengakses sumber daya di jaringan perusahaan. Ini menjadikannya solusi ideal untuk telecommuting, remote working, atau mengakses file saat bepergian.

Peningkatan Kolaborasi

RDP memungkinkan kolaborasi real time dengan memungkinkan beberapa pengguna untuk terhubung ke desktop jarak jauh yang sama secara bersamaan. Anggota tim dapat bekerja sama dalam proyek, berbagi layar, dan bertukar ide, membina komunikasi serta kerja tim yang lebih baik.

Peningkatan Produktivitas

Dengan RDP, pengguna dapat mengakses lingkungan desktop dan aplikasi mereka dari jarak jauh, menghilangkan kebutuhan untuk membawa perangkat fisik, atau terus menerus mentransfer file. Kenyamanan ini meningkatkan produktivitas karena memungkinkan individu untuk bekerja dari perangkat apapun dengan klien RDP. baik itu laptop, tablet, maupun smartphone.

Efisiensi Biaya

RDP menghilangkan kebutuhan akan kehadiran fisik atau dukungan di tempat, yang tentu saja akan menghasilkan penghematan biaya untuk bisnis. Ini mengurangi biaya perjalanan, karena karyawan dapat memecahkan masalah dari jarak jauh, memberikan dukungan pelanggan, atau melakukan pemeliharaan sistem tanpa hadir secara fisik di lokasi.

Nah, itulah beberapa kelebihan yang dapat anda rasakan ketika menggunakan RDP. namun tidak berhenti disini, RDP tentu saja memiliki keterbatasan, berikut adalah beberapa kekurangan RDP:

Ketergantungan Jaringan

RDP sangat bergantung pada konektivitas jaringan. Jika koneksi tidak stabil atau lambat. Ini dapat menyebabkan lag, latensi, dan pengalaman pengguna yang menurun secara kesuluran. Pengguna di daerah dengan konektivitas internet yang buruk mungkin menghadapi tantangan dalam membangun koneksi RDP yang andal.

Baca Juga:   Penjelasan Lengkap: MongoDB Adalah?

Masalah Keamanan

Sementara RDP menawarkan enkripsi untuk koneksi yang aman, RDP telah menjadi target bagi penjahat dunia maya. Serangan brute-force, kerentanan dalam versi yang lebih lama, dan konfigurasi keamanan yang lemah dapat membahayakan sistem. Sangat penting untuk menerapkan langkah – langkah keamanan yang kuat seperti multi factor authentication dan regular updates untuk mengurangi potensi ancaman.

Masalah Kinerja

Salam skenario intensif sumber daya, sesi RDP mungkin mengalami masalah kinerja. Aplikasi streaming video, atau tampilan yang memiliki resolusi tinggi dapat membebani koneksi dan mempengaruhi responsivitas. Bandwidth jaringan dan sumber daya sistem harus dipertimbangkan untuk mengoptimalkan kinerja RDP.

Fungsi RDP

Salah satu penggunaan umum RDP adalah untuk mengakses komputer kerja dari jarak jauh dari rumah atau lokasi lain. Ini dapat sangat berguna bagi karyawan yang perlu mengakses sumber daya perusahaan atau melakukan tugas dari jarak jauh, seperti menjawab email, mengerjakan dokumen, atau mengakses perangkat lunak khusus. RDP memungkinkan karyawan untuk bekerja dari mana saja dengan koneksi internet, yang dapat meningkatkan produktivitas dan fleksibilitas.

Penggunaan RDP yang umum lainnya adalah untuk mengakses dan mengelola server dari jarak jauh. Ini dapat berguna bagi administrator sistem yang perlu melakukan tugas-tugas seperti menginstal pembaruan, mengkonfigurasi pengaturan, atau memecahkan masalah. RDP memungkinkan administrator untuk mengakses server dari jarak jauh dan membuat perubahan tanpa harus mengunjungi lokasi server secara fisik.

RDP juga digunakan untuk mengakses dan mengontrol komputer virtual (VM) dari jarak jauh. VM adalah simulasi berbasis perangkat lunak dari komputer fisik yang dapat menjalankan sistem operasi dan aplikasi mereka sendiri. RDP memungkinkan pengguna untuk mengakses dan mengontrol VM dari jarak jauh, yang dapat berguna untuk tugas-tugas seperti menguji perangkat lunak, menjalankan simulasi, atau menghosting situs web.

Baca Juga:   Hybrid Cloud : Pengertian, Kelebihan & Cara Kerjanya!

Manfaat RDP

RDP memungkinkan Anda memiliki koneksi internet super cepat. Dengan menggunakan protokol ini, Anda dapat menggunakan kecepatan internet hingga 1.000 Mbps. Tentunya hal ini  sangat berguna jika Anda sering mengupload atau mendownload data dalam jumlah besar. 

Namun kecepatan koneksi RDP dipengaruhi oleh kinerja server yang Anda gunakan. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan Nevacloud cloud VPS  Indonesia murah sebagai server RDP Anda.

Manfaat  kedua dari Remote Desktop Protocol adalah Anda dapat menjalankan bot dan aplikasi yang perlu dijalankan setiap saat. Koneksi protokol ini tidak  terputus meskipun komputer  dimatikan. Selain itu, proses yang berjalan di server RDP akan terus berjalan. Hal ini memungkinkan bot atau aplikasi Anda untuk terus berjalan selama prosesnya tidak melebihi bandwidth server.

Cara Menggunakan RDP

Sekarang yang harus Anda lakukan adalah menggunakan klien RDP Anda. Untungnya, Windows memiliki aplikasi bawaan. Klik lagi menu pencarian dan ketik “Remote Desktop Connection.” 

Saat jendela terbuka, masukkan nama server komputer Anda atau alamat IP  dan nama pengguna. Kemudian klik Connect untuk menghubungkan komputer Anda ke server RDP.

Tertarik Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Remote Desktop Protocol (disingkat RDP) adalah protokol yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan pengguna mengakses dan mengontrol komputer dari jarak jauh melalui jaringan Internet. RDP memudahkan pengelolaan VPS atau server Anda dari mana saja, kapan saja. Jika anda membutuhkan koneksi yang baik, anda memerlukan VPS dengan teknologi terbaik pula. Gunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud. Yuk kunjungi Nevacloud dan miliki VPS mu sekarang juga!

Avatar for Titis Nur Pratomo

About Author

Titis Nur Pratomo

SEO Specialist at Deneva | Helping Increase Business Visibility in Search Engine | SEO & WordPress Enthusiast