Plesk vs cPanel: Mana yang Lebih Baik?

Plesk vs cPanel: Mana yang Lebih Baik?
Avatar for Thatit Argadahana
  • March 14, 2024

Mengenal Plesk dan cPanel

Apa itu Plesk?

Plesk merupakan salah satu platform manajemen hosting web terdepan, yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur server, situs web, dan aplikasi. Dikembangkan untuk menyediakan lingkungan yang terotomatisasi sepenuhnya bagi pengelolaan hosting web, Plesk menawarkan antarmuka yang intuitif yang memudahkan penggunaan bagi pemilik situs web, pengembang, dan administrator IT. Plesk mendukung berbagai sistem operasi dan dilengkapi dengan ekstensi yang memperluas fungsionalitasnya, menjadikannya solusi yang fleksibel untuk berbagai kebutuhan hosting.

Apa itu cPanel?

cPanel, di sisi lain, adalah panel kontrol web yang juga sangat populer dan banyak digunakan oleh penyedia layanan hosting. cPanel menyederhanakan proses manajemen situs web dengan menyediakan antarmuka berbasis web yang ramah pengguna, memungkinkan pengguna untuk mengelola domain, mempublikasikan situs web, mengatur akun email, dan banyak lagi. cPanel biasanya digunakan bersama dengan WHM (WebHost Manager), yang memberikan kontrol lebih lanjut atas pengaturan server dan akun hosting.

Mengapa Membandingkan Plesk dan cPanel?

Pembandingan antara Plesk dan cPanel sering kali dilakukan karena keduanya merupakan alat utama dalam manajemen hosting web. Mereka berdua menawarkan fitur yang memudahkan administrasi situs web dan manajemen server, tetapi dengan pendekatan yang sedikit berbeda. Memilih antara keduanya sering kali bergantung pada preferensi pribadi, kebutuhan spesifik, dan kompatibilitas sistem operasi. Pemahaman mendalam tentang kedua platform ini membantu pengguna dan penyedia layanan hosting membuat keputusan yang tepat.

Kesederhanaan dan Kemudahan Penggunaan

Bagaimana Tampilan Antarmuka Plesk?

Antarmuka Plesk dirancang untuk kejelasan dan kemudahan navigasi. Halaman utama menampilkan semua fitur utama dalam tampilan yang terorganisir, memungkinkan pengguna untuk mengakses alat yang mereka butuhkan dengan cepat. Desainnya yang modern dan responsif juga beradaptasi dengan berbagai perangkat, memudahkan pengelolaan situs web dari mana saja.

Baca Juga:   WHM Adalah : Pengertian, Fungsi & Kegunaannya!
gambar plesk vs cpanel

Plesk mengutamakan pengalaman pengguna dengan menyediakan wizard dan panduan langkah demi langkah untuk berbagai tugas administratif.

Bagaimana Tampilan Antarmuka cPanel?

cPanel memiliki tampilan yang fungsional dengan antarmuka berbasis ikon yang memudahkan pengguna untuk menemukan dan menggunakan berbagai fitur yang tersedia. Meskipun tampilannya mungkin tidak sepolished Plesk, cPanel dikenal akan efisiensinya dalam menyediakan akses cepat ke fungsi-fungsi penting.

ilustrasi cpanel

Struktur menu yang logis dan pengelompokan fitur berdasarkan kategori memudahkan navigasi dan pengelolaan sumber daya hosting.

Mana yang Lebih Mudah Digunakan untuk Pemula?

Kesederhanaan dan kemudahan penggunaan adalah faktor penting bagi pemula dalam memilih antara Plesk dan cPanel. Kedua platform tersebut menawarkan antarmuka yang ramah pengguna, tetapi Plesk mungkin memiliki keunggulan dalam hal kejelasan dan panduan pengguna yang terintegrasi. Namun, pilihan antara keduanya sering kali bergantung pada keakraban dengan sistem operasi yang digunakan dan preferensi pribadi terhadap tampilan dan navigasi antarmuka.

Masing-masing platform memiliki kelebihannya sendiri dalam konteks kesederhanaan dan kemudahan penggunaan. Pilihan antara Plesk vs cPanel sebaiknya didasarkan pada evaluasi langsung atas kebutuhan spesifik dan pengalaman pengguna saat menggunakan masing-masing antarmuka.

Fitur dan Fungsionalitas

Fitur Unggulan Plesk

Plesk menawarkan berbagai fitur yang menjadikannya pilihan menarik bagi banyak pengguna. Fitur-fitur tersebut meliputi:

  • WordPress Toolkit: Plesk terkenal dengan WordPress Toolkit-nya, sebuah alat manajemen satu atap untuk situs WordPress yang memudahkan instalasi, konfigurasi, dan pengelolaan keamanan.
  • Ekstensi: Platform ini dilengkapi dengan toko ekstensi yang kaya, memungkinkan pengguna menambahkan fungsionalitas tambahan seperti keamanan, pencadangan, dan alat pengembangan.
  • Keamanan: Plesk mengintegrasikan firewall, pemindaian malware, dan alat keamanan lainnya secara langsung dalam antarmukanya, menyediakan lapisan perlindungan tambahan.
  • Dukungan Multi-Sistem Operasi: Berbeda dengan cPanel, Plesk mendukung Windows selain Linux, menawarkan fleksibilitas bagi pengguna yang bekerja di berbagai platform.

Fitur Unggulan cPanel

cPanel juga memiliki fitur-fitur yang kuat yang mendukung pengelolaan situs web dan server, termasuk:

  • EasyApache: Alat konfigurasi Apache yang memudahkan pengelolaan modul dan versi PHP.
  • cPanel Market: Pasar yang memungkinkan pengguna membeli dan menginstal sertifikat SSL, domain, dan lain-lain secara langsung dari antarmuka cPanel.
  • Integrasi WHM: cPanel datang dengan WHM, yang menyediakan kontrol lebih besar atas pengaturan server dan pengelolaan akun hosting.
  • Pencadangan dan Pemulihan: cPanel menyediakan alat pencadangan yang komprehensif, memungkinkan pengguna dengan mudah membuat backup dan memulihkan data mereka.
Baca Juga:   CHMOD Adalah : Pengertian, Jenis, Fungsi & Perintahnya!

Perbandingan Fitur Keamanan Plesk vs cPanel

Keamanan adalah aspek penting dari manajemen situs web dan server. Baik Plesk maupun cPanel menyediakan berbagai fitur keamanan untuk melindungi data pengguna:

  • Plesk mengintegrasikan Let’s Encrypt untuk SSL/TLS gratis, security core dengan ModSecurity, dan akses ke berbagai ekstensi keamanan.
  • cPanel menyediakan AutoSSL yang secara otomatis memperbarui sertifikat SSL, serta alat keamanan seperti cPHulk dan ConfigServer Security & Firewall.

Kedua platform tersebut terus memperbarui dan meningkatkan fitur keamanan mereka untuk menjawab tantangan keamanan terkini.

Kompatibilitas dengan Sistem Operasi

Sistem Operasi yang Didukung oleh Plesk

Plesk menawarkan dukungan yang luas untuk berbagai sistem operasi, termasuk Windows dan sejumlah distribusi Linux seperti CentOS, Ubuntu, dan Debian. Fleksibilitas ini menjadikan Plesk pilihan yang baik bagi mereka yang memerlukan kompatibilitas dengan Windows atau preferensi tertentu terhadap distribusi Linux.

Sistem Operasi yang Didukung oleh cPanel

Berbeda dengan Plesk, cPanel fokus pada sistem operasi Linux, dengan dukungan untuk CentOS, CloudLinux, dan Red Hat Enterprise Linux. cPanel tidak kompatibel dengan Windows, yang bisa menjadi pertimbangan penting bagi pengguna dengan infrastruktur berbasis Windows.

Mana yang Lebih Fleksibel untuk Berbagai Sistem Operasi?

Dari segi kompatibilitas sistem operasi, Plesk menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dengan mendukung baik Linux maupun Windows. Ini menjadikannya pilihan yang lebih serbaguna bagi organisasi dan individu yang mengoperasikan server di kedua platform tersebut.

Harga dan Lisensi

Struktur Harga Plesk

Plesk menyediakan berbagai paket langganan dengan struktur harga yang bervariasi berdasarkan jumlah domain yang dikelola, fungsi, dan fitur tambahan. Harga dapat bervariasi tergantung pada apakah Plesk diinstal pada server pribadi atau melalui penyedia hosting, dengan opsi untuk paket bulanan atau tahunan. Plesk juga menawarkan lisensi khusus untuk pengembang dan agensi, yang memungkinkan penggunaan lebih luas dan akses ke alat pengembangan tambahan.

Struktur Harga cPanel

Harga cPanel dihitung berdasarkan jumlah akun yang dihosting dan biasanya dibeli melalui penyedia hosting sebagai bagian dari paket hosting. Pada tahun-tahun terakhir, cPanel mengalami perubahan signifikan dalam struktur harga, yang menimbulkan diskusi di kalangan pengguna dan penyedia hosting. cPanel menawarkan beberapa tingkatan harga, mulai dari lisensi untuk server kecil hingga solusi untuk penyedia hosting besar, dengan biaya tambahan untuk setiap akun hosting di atas batas tertentu.

Baca Juga:   Pengertian Odoo Adalah

Bagaimana Cara Memilih Berdasarkan Anggaran?

Pemilihan antara Plesk vs cPanel berdasarkan anggaran akan sangat bergantung pada kebutuhan spesifik pengguna, jumlah situs web atau domain yang akan dikelola, dan jenis server yang digunakan. Penting untuk mempertimbangkan biaya tambahan yang mungkin timbul, seperti biaya untuk ekstensi atau plugin tambahan. Untuk pengguna individu atau bisnis kecil, membandingkan paket yang ditawarkan oleh penyedia hosting yang menyertakan Plesk atau cPanel dalam paket hosting mereka bisa menjadi cara yang baik untuk menilai pilihan paling ekonomis.

Dukungan dan Komunitas

Dukungan yang Disediakan oleh Plesk

Plesk menawarkan berbagai sumber daya dukungan untuk penggunanya, termasuk dokumentasi lengkap, basis pengetahuan, dan forum komunitas. Pengguna Plesk juga bisa mendapatkan dukungan teknis melalui tiket atau chat langsung, tergantung pada paket lisensi mereka. Selain itu, ekosistem Plesk mencakup banyak pengembang dan perusahaan teknologi yang menawarkan ekstensi dan integrasi, yang sering kali menyediakan dukungan spesifik untuk produk atau layanan mereka.

Dukungan yang Disediakan oleh cPanel

cPanel memiliki reputasi kuat dalam menyediakan dukungan pelanggan yang solid, dengan banyak pilihan untuk mendapatkan bantuan, termasuk dokumentasi online, forum komunitas, dan dukungan teknis melalui email atau chat langsung. cPanel juga menyelenggarakan webinar dan memiliki saluran YouTube yang menyediakan tutorial dan panduan pengguna. Dukungan dari komunitas pengguna cPanel sangat luas, dengan banyak pengguna berpengalaman yang sering membantu menyelesaikan masalah melalui forum atau media sosial.

Peran Komunitas dalam Mendukung Pengguna

Komunitas berperan penting dalam mendukung pengguna Plesk dan cPanel, menyediakan forum untuk pertukaran pengetahuan, solusi untuk masalah teknis, dan pembelajaran tentang praktik terbaik. Kedua platform memiliki basis pengguna yang aktif dan terlibat, yang membantu membuat sumber daya ekstensif tersedia bagi pengguna baru dan berpengalaman. Keaktifan komunitas ini juga mencerminkan dedikasi kedua platform untuk terus berkembang dan beradaptasi dengan kebutuhan penggunanya.

Kesimpulan: Memilih Antara Plesk vs cPanel

Faktor-faktor Penentu dalam Memilih

Memilih antara Plesk vs cPanel sebaiknya didasarkan pada beberapa faktor penting, termasuk kompatibilitas sistem operasi, kebutuhan fitur spesifik, preferensi antarmuka pengguna, anggaran, dan jenis dukungan yang diinginkan. Kedua platform menawarkan kekuatan dan fleksibilitas untuk berbagai kebutuhan hosting, tetapi perbedaan dalam pendekatan dan fokus mereka mungkin membuat satu lebih cocok daripada yang lain untuk situasi tertentu.

Situasi Kapan Menggunakan Plesk

Plesk adalah pilihan yang tepat jika Anda mencari solusi yang mendukung Windows serta Linux, membutuhkan alat manajemen WordPress yang kuat, atau menghargai antarmuka yang intuitif dan modern. Plesk juga ideal untuk pengguna yang mengelola berbagai teknologi dan situs web di lingkungan multi-platform.

Situasi Kapan Menggunakan cPanel

cPanel cocok untuk pengguna yang lebih memilih solusi yang telah terbukti di lingkungan hosting Linux, memerlukan integrasi mendalam dengan WHM untuk pengelolaan hosting, atau mencari ekosistem dukungan komunitas yang luas. cPanel sangat cocok untuk penyedia hosting dan pengguna yang menghargai antarmuka yang efisien dan akses mudah ke berbagai alat manajemen situs web.

Pada akhirnya, keputusan antara Plesk dan cPanel harus menggabungkan evaluasi komprehensif atas kebutuhan teknis, preferensi personal, dan kriteria anggaran. Dengan mempertimbangkan kedua platform secara mendalam, pengguna bisa membuat pilihan yang tepat untuk mendukung pertumbuhan dan keberhasilan proyek web Anda.

Avatar for Thatit Argadahana

About Author

Thatit Argadahana

Digital Marketing Specialist at Nevacloud. A night owl who eats business books for dinner. An AI enthusiast whose aim is to ease every job with a single GPT. Loves to share Nevacloud's how-tos and basic knowledge.