Rupiah Indonesia Dapatkan Gratis Saldo Nevacloud Rp40.000!

Apa Itu Rails Framework?

Apa Itu Rails Framework?
Avatar for Thatit Argadahana
  • March 29, 2024

Apa Itu Rails Framework? Rails, atau Ruby on Rails, adalah sebuah framework pengembangan aplikasi web yang ditulis dalam bahasa pemrograman Ruby. Framework ini dirancang untuk mempermudah dan mempercepat pembuatan aplikasi web dengan menyediakan struktur kode yang standar. Rails menganut prinsip Don’t Repeat Yourself (DRY) dan Convention over Configuration (CoC), yang berarti pengembang dapat berfokus pada bagian unik dari aplikasi mereka tanpa perlu mengkonfigurasi detail yang tidak perlu.

Apa Itu Rails Framework

Sejarah dan Pengembang Rails

Rails dikembangkan oleh David Heinemeier Hansson selama ia bekerja pada proyek Basecamp di perusahaan 37signals (sekarang Basecamp). Rails pertama kali dirilis kepada publik pada tahun 2004 dan sejak itu telah berkembang menjadi salah satu framework pengembangan web yang paling populer dan berpengaruh.

Fitur Utama dan Keunggulan Rails

Rails menawarkan berbagai fitur utama yang membuatnya menonjol, seperti:

  • Integrated Development Environment (IDE): Rails menyediakan lingkungan pengembangan yang kaya fitur, memungkinkan pengembangan aplikasi menjadi lebih cepat dan efisien.
  • Active Record: Sebagai implementasi dari pattern Object-Relational Mapping (ORM), Active Record memudahkan manipulasi database dengan menggunakan sintaks Ruby yang sederhana.
  • Gems dan Plugins: Rails didukung oleh ekosistem yang luas dari libraries (gems) dan plugins yang memungkinkan ekstensi fungsionalitas aplikasi dengan mudah.
  • Convention over Configuration: Rails mendorong penggunaan konvensi standar untuk struktur aplikasi dan nama file, yang mengurangi jumlah konfigurasi kode yang harus ditulis.
Baca Juga:   Enkripsi: Pengertian, Cara Kerja dan Penggunaannya 

Rails dalam Ekosistem Pengembangan Web

Dalam ekosistem pengembangan web, Rails dikenal sebagai framework yang dapat meningkatkan produktivitas pengembang. Dengan adanya komunitas yang besar dan aktif, Rails terus berkembang dengan adanya kontribusi fitur baru dan pembaruan keamanan. Rails juga kompatibel dengan teknologi web terkini, seperti WebSockets dan HTML5, memungkinkan pembuatan aplikasi web modern yang responsif dan interaktif.

Konsep Dasar Rails Framework

MVC (Model-View-Controller)

Arsitektur Model-View-Controller (MVC) adalah salah satu konsep dasar Rails. MVC membagi aplikasi menjadi tiga komponen terpisah, yaitu:

  • Model: Menangani data dan logika bisnis.
  • View: Menampilkan data kepada pengguna.
  • Controller: Menghubungkan model dan view, serta menangani interaksi pengguna.

Pendekatan ini memudahkan pengelolaan aplikasi yang kompleks dengan memisahkan logika aplikasi dari tampilan antarmuka pengguna.

Convention over Configuration

Convention over Configuration (CoC) adalah prinsip di mana Rails mengasumsikan aspek standar dari aplikasi web sehingga pengembang tidak perlu menentukan setiap konfigurasi secara detail. Hal ini mengurangi jumlah kode yang harus ditulis dan meningkatkan efisiensi pengembangan.

DRY (Don’t Repeat Yourself)

Prinsip DRY menekankan pada pengurangan duplikasi kode. Dengan menerapkan DRY, Rails memungkinkan pengembang untuk menggunakan kembali kode yang ada, yang berkontribusi pada basis kode yang lebih bersih, lebih mudah dipahami, dan lebih mudah di-maintain.

Active Record dan ORM

Active Record adalah komponen Rails yang menyediakan ORM untuk memudahkan manipulasi database. Dengan Active Record, pengembang dapat menulis query database dalam Ruby, bukan SQL mentah, yang membuat kode lebih bersih dan lebih mudah dipahami.

Memulai dengan Rails

Persiapan Lingkungan Pengembangan

Sebelum memulai pengembangan dengan Rails, beberapa langkah persiapan lingkungan diperlukan. Ini termasuk instalasi Ruby, sistem manajemen basis data (seperti MySQL atau PostgreSQL), dan Node.js untuk JavaScript runtime. Pengguna juga disarankan untuk menginstal sistem manajemen paket seperti Yarn untuk mengelola dependensi JavaScript.

Baca Juga:   Kenapa harus pindah ke Xubuntu? Apa itu Xubuntu?

Instalasi Rails

Setelah lingkungan pengembangan siap, Rails dapat diinstal menggunakan RubyGems, manajer paket Ruby. Instalasi dapat dilakukan dengan menjalankan perintah gem install rails di terminal. Setelah instalasi selesai, pengguna dapat memverifikasi instalasi dengan menjalankan rails –version.

Membuat Aplikasi Pertama

Membuat aplikasi Rails pertama Anda cukup sederhana. Dengan menjalankan perintah rails new nama_aplikasi, Rails akan menghasilkan struktur direktori aplikasi baru dan menginstal dependensi yang diperlukan. Setelah proses ini selesai, Anda dapat masuk ke direktori aplikasi dan menjalankan server Rails dengan rails server untuk melihat aplikasi berjalan di browser.

Struktur Direktori Aplikasi Rails

Struktur direktori aplikasi Rails secara otomatis diatur dengan baik dan mencakup beberapa direktori utama:

  • app/ mengandung model, views, controllers, helpers, mailers, dan assets.
  • config/ menyimpan konfigurasi aplikasi dan rute.
  • db/ berisi skema database dan migrasi.
  • test/ atau spec/ untuk unit testing dan testing lainnya.
  • Gemfile dan Gemfile.lock untuk manajemen dependensi Ruby.

Pengembangan Aplikasi dengan Rails

Routing dan Controllers

Routing di Rails menangani pemetaan permintaan HTTP ke controllers dan actions tertentu. Konfigurasi routing dilakukan dalam file config/routes.rb. Controllers kemudian mengambil data dari model (jika perlu) dan memutuskan view mana yang harus dirender.

Working dengan Models

Model di Rails digunakan untuk berinteraksi dengan database. Setiap model biasanya berhubungan dengan satu tabel database. Rails menggunakan Active Record untuk memudahkan operasi CRUD (Create, Read, Update, Delete) pada database tanpa harus menulis SQL secara manual.

Designing Views dengan HTML & CSS

Views adalah bagian dari aplikasi yang bertanggung jawab untuk menampilkan output ke pengguna. Rails menggunakan Embedded Ruby (ERB) sebagai template engine, yang memungkinkan Ruby code dijalankan dalam HTML. Hal ini memudahkan pembuatan halaman web dinamis.

Baca Juga:   Apa itu RPO? Mengenal Pentingnya Disaster Recovery

Implementasi CRUD (Create, Read, Update, Delete)

CRUD adalah operasi dasar untuk interaksi dengan database. Rails menyederhanakan implementasi CRUD melalui scaffold generator, yang secara otomatis menghasilkan model, view, dan controller yang diperlukan untuk operasi dasar ini.

Fitur Lanjutan dalam Rails Framework

Sistem Autentikasi

Rails menyediakan alat untuk membangun sistem autentikasi yang aman. Gems seperti Devise dapat dengan mudah diintegrasikan untuk menambahkan autentikasi pengguna, pendaftaran, dan manajemen sesi.

Pengelolaan Database dengan Migrations

Migrations adalah cara Rails untuk mengubah skema database dalam cara yang terorganisir dan reversibel. Hal ini memungkinkan pengembangan database yang dapat dilacak dan sinkron dengan aplikasi.

Internationalization & Localization

Rails menyediakan dukungan built-in untuk i18n (internationalization) dan l10n (localization), memungkinkan aplikasi untuk mendukung berbagai bahasa dan format lokal dengan mudah.

Testing dan Debugging

Rails hadir dengan kerangka kerja testing yang komprehensif, memungkinkan pengembangan berbasis test (TDD) dan behavior-driven development (BDD). Tools seperti RSpec dan Cucumber sering digunakan bersama dengan Rails untuk testing yang lebih efektif.

Komunitas dan Sumber Belajar Rails

Dokumentasi Resmi dan Tutorial Online

Rails memiliki dokumentasi resmi yang luas dan terus diperbarui, serta banyak tutorial online yang dapat membantu pemula hingga pengembang lanjutan.

Komunitas Rails dan Forum Diskusi

Komunitas Rails adalah salah satu aset terbesar framework ini, dengan banyak forum, grup Slack, dan subreddit di mana pengembang dapat berbagi pengetahuan dan mendapatkan bantuan.

Konferensi dan Workshop Rails

Konferensi seperti RailsConf dan RubyConf, serta workshop lokal dan internasional, memberikan peluang untuk belajar dari para ahli dan bertemu sesama pengembang Rails.

Buku dan Kursus Online Rekomendasi

Ada banyak buku dan kursus online yang berkualitas untuk belajar Rails, mulai dari panduan untuk pemula hingga materi lanjutan untuk meningkatkan keterampilan pengembangan Rails Anda.

Rails Framework terus berkembang, didorong oleh komunitas yang aktif dan inovatif. Dengan mengikuti praktik terbaik dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia, pengembang dapat membangun aplikasi web yang kuat dan efisien dengan Rails.

Avatar for Thatit Argadahana

About Author

Thatit Argadahana

Digital Marketing Specialist at Nevacloud. A night owl who eats business books for dinner. An AI enthusiast whose aim is to ease every job with a single GPT. Loves to share Nevacloud's how-tos and basic knowledge.