Saat ingin menghubungkan perangkat, salah satu hal yang sering membingungkan banyak orang adalah susunan kabel straight dan cross yang benar. Karena itu, mengetahui jenis kabel jaringan adalah langkah pertama dalam mempelajari jaringan.  Twisted Pair model UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah salah satu kabel yang paling populer di jaringan.

Sahabat belum tahu apa yang dimaksud dengan kabel UTP? Kabel UTP digunakan untuk menghubungkan banyak perangkat keras jaringan ke komputer. 

Untuk menggunakannya, Anda harus mengikuti urutan kabel UTP. Sebelum itu, Anda harus menambahkan konektor RJ-45 di ujung kabel. Kabel UTP umumnya digunakan untuk kabel straight dan cross dalam industri komputer dan jaringan. Perangkat seperti komputer, router, dan switch yang terhubung ke jaringan dihubungkan melalui kabel straight dan cross.

Namun, banyak orang yang belum tahu apa itu kabel straight dan cross dan bagaimana menggunakannya dengan benar. Urutan kabel straight dan cross berbeda dalam pemasangan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail urutan kabel straight dan cross. Pastikan untuk membaca sampai akhir.

Pengertian Kabel Straight

Kabel straight adalah jenis kabel twisted pair yang digunakan dalam jaringan area lokal untuk menghubungkan komputer ke hub jaringan seperti router. Jenis kabel ini juga kadang-kadang disebut kabel patch dan merupakan alternatif untuk koneksi nirkabel dimana satu atau lebih komputer mengakses router melalui sinyal nirkabel.

Kabel straight adalah jenis CAT5 dengan konektor RJ-45 di setiap ujungnya, dan masing-masing memiliki pin out yang sama. Kabel straight menggunakan satu standar kabel yaitu kedua ujungnya menggunakan standar kabel T568A atau standar kabel T568B. Ini berarti bahwa meskipun pasangan kabel tembaga dipelintir bersama di dalam kabel, pasangan kabel ini tidak saling bersilangan di ujung kabel. Untuk mempermudah hal-hal, artinya posisi kawat tertentu di salah satu ujung kabel ethernet akan berada di posisi yang sama di ujung kabel lainnya.

Baca Juga:   Cyber Crime: Pengertian, Jenis, dan Dampak

Kabel straight-through terutama digunakan untuk menghubungkan perangkat yang memiliki fungsi berbeda dalam jaringan, seperti menghubungkan komputer ke switch atau router. Dalam skenario ini, kabel di kabel memastikan bahwa sinyal transmit (TX) dari satu ujung diterima sebagai menerima (RX) sinyal di ujung lainnya.

Urutan Kabel Straight

Pada kabel ini, kabel ditempatkan pada posisi yang sama di kedua ujungnya. Kabel pada pin 1 di salah satu ujung kabel terhubung ke pin 1 di ujung kabel yang lain. Kabel di pin 2 terhubung ke pin 2 di ujung kabel yang lain; dan sebagainya. Perhatikan gambar dibawah ini

Tabel berikut mencantumkan posisi kabel straight di kedua sisi: 

Sisi KiriSisi Kanan
Hijau putihHijau putih
HijauHijau
Orange putihOrange putih
BiruBiru
Biru putihBiru putih
Orange Orange
Coklat putihCoklat putih
CoklatCoklat

Pengertian Kabel Cross

Kabel cross adalah jenis kabel ethernet yang digunakan untuk menghubungkan perangkat komputasi bersama-sama secara langsung. Tidak seperti kabel straight, kabel crossover RJ45 menggunakan dua standar kabel yang berbeda, yakni satu ujung menggunakan standar kabel T568A dan ujung lainnya menggunakan standar kabel T568B. Pada jenis koneksi kabel ini, Pin 1 disilangkan dengan Pin 3, dan Pin 2 disilangkan dengan Pin 6. Seperti namanya, beberapa kabel di dalam kabel cross sebenarnya melintasi yang lain. Itu sebabnya beberapa kabel berada di posisi yang berbeda di ujung kabel yang berbeda.

Kabel internal dari kabel cross membalikkan transmisi dan menerima sinyal. Hal ini paling sering digunakan untuk menghubungkan dua perangkat dari jenis yang sama. Misalnya, dua komputer (melalui interface controller) atau dua switch satu sama lain.

Kabel crossover kurang umum dalam pengaturan jaringan modern karena pengembangan teknologi Auto-MDI / MDI-X, yang secara otomatis mendeteksi dan mengkonfigurasi pinout yang sesuai pada perangkat yang terhubung. Namun, kabel crossover masih dapat berguna dalam skenario tertentu. Berikut adalah beberapa kasus penggunaan umum seperti komputer ke komputer.

Baca Juga:   Cara Menonaktifkan Login Root di SSH: Panduan Komprehensif

Saat menghubungkan dua komputer secara langsung satu sama lain tanpa sakelar atau hub perantara, kabel crossover digunakan. Dalam skenario ini, satu komputer mengirimkan (TX) sinyal harus cocok dengan menerima sinyal (RX) komputer lain.

Urutan Kabel Cross

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam kabel cross pin transmisi dari satu sisi terhubung dengan pin penerima dari sisi lain. Kabel pada pin 1 di salah satu ujung kabel terhubung ke pin 3. Kabel pada pin 2 terhubung ke pin 6 di ujung kabel yang lain. Kabel yang tersisa terhubung di posisi yang sama di kedua ujungnya.

Tabel berikut mencantumkan posisi kawat kabel cross-over di kedua sisi. 

Sisi KiriSisi Kanan
Hijau putihOrange putih
HijauOrange
Orang PutihHijau putih
BiruBiru
Biru putihBiru putih
OrangeHijau
Coklat putihCoklat putih
CoklatCoklat

Perbedaan Kabel Straight dan Kabel Cross

Nah, setelah anda mengetahui pengertian dari kabel straight dan kabel cross, kini saatnya mengetahui apa perbedaan dari keduanya. Mengidentifikasi jenis kabel Ethernet (apakah itu straight-through atau crossover) dengan inspeksi visual dapat menjadi tantangan karena kabel biasanya terlihat identik. Namun, Anda sering dapat menemukan petunjuk dengan memeriksa kode warna dan pelabelan kabel. Kabel crossover mungkin memiliki label yang menunjukkan jenisnya, sedangkan kabel straight-through mungkin tidak memiliki label khusus. Berikut adalah perbedaan kabel straight dan kabel cross: 

StraightCross
Kabel straight adalah jenis CAT 5 dengan konektor RJ45 di setiap ujungnya, dan masing-masing memiliki pin out yang samaKabel cross adalah jenis CAT dimana salah satu ujungnya adalah konfigurasi T568A, dan ujung lainnya sebagai konfigurasi T568B
Ini adalah salah satu format kabel yang paling umum digunakan untuk kabel jaringanIni hanya digunakan untuk aplikasi tertentu
anda juga dapat menghubungkan kabel straight ke port LAN router ke uplink switch/hubanda dapat menghubungkannya ke port LAN router ke switch atau port reguler hub
Kabel straight menghubungkan komputer dengan kabel atau port LAN modem DSLKabel cross terhubung dengan port LAN router dengan port normal switch/hub
Kabel straight digunakan ketika anda ingin menghubungkan dua perangkat dari jenis yang berbedaKabel cross digunakan ketika anda ingin menghubungkan dua perangkat dengan tipe yang sama

Ingin Buat Website Bisnis Lebih Mudah Anti Ribet?

Kabel straight dan cross dihubungkan secara berbeda satu sama lain. Salah satu cara mudah untuk mengetahui kabel apa yang anda gunakan adalah dengan melihat urutan kabel berwarna didalam konektor RJ45. jika urutan kabel sama di kedua ujungnya, maka kabel yang anda gunakan adalah kabel straight dan jika sebaliknya maka yang anda gunakan adalah kabel cross. Terlepas dari itu, jika anda sedang mencari VPS dengan teknologi terbaik, anda dapat menggunakan VPS dari Nevacloud. Tunggu apalagi? kunjungi website Nevacloud dan temukan beragam penawaran menariknya!

Baca Juga:   Apa Itu Google Workspace? Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya!
Avatar for Hiqbal Fauzi

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.