Apa itu Proxy Server?

Proxy server pada adalah server yang berada di antara pengguna dan internet, bertindak sebagai “proxy” untuk lalu lintas anda. Ini adalah server perantara yang memisahkan pengguna akhir dari website yang mereka jelajahi. Proxy server menyediakan berbagai tingkat fungsionalitas, keamanan, dan privasi tergantung pada kasus penggunaan, kebutuhan,atau kebijakan perusahaan anda.

Jika anda menggunakan proxy server, lalu lintas internet mengalir melalui proxy server dalam perjalanan ke alamat yang anda minta. Permintaan kemudian kembali melalui proxy server yang sama dan kemudian proxy server meneruskan data yang diterima dari website kepada anda.

Jika hanya itu yang dilakukan proxy server, kenapa harus repot-repot menggunakan proxy server? Kenapa tidak langsung saja dari website dan kembali? Proxy server modern melakukan lebih dari sekadar meneruskan permintaan web, semuanya didasarkan pada keamanan data dan kinerja jaringan. Proxy server bertindak sebagai firewall dan filter web, menyediakan koneksi jaringan bersama, dan data cache untuk mempercepat permintaan umum. 

Proxy server yang baik membuat pengguna dan jaringan internal terlindungi dari hal-hal buruk yang hidup di internet yang liar. Terakhir, proxy server dapat memberikan tingkat privasi yang tinggi. Karenanya, ini membantu mencegah cyber attacker memasuki jaringan pribadi anda.

Apa fungsi Proxy Server?

Masking

Proxy server memiliki kemampuan untuk menutupi atau menyembunyikan identitas Anda, terutama alamat IP Anda. Ketika pertukaran data melewati gateway, alamat IP Anda akan diganti, sehingga website yang Anda tuju tidak bisa mengetahui alamat IP asli Anda.

Baca Juga:   Mengenal Putty, Fitur, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Connection Sharing

Server proxy berfungsi sebagai hub atau terminal. Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan menggunakan proxy, satu jalur atau gateway akan memberi semua orang yang bekerja di perusahaan akses internet. Dalam situasi seperti itu, komputer di seluruh perusahaan dapat berbagi akses data dengan menggunakan server yang sama.

Filtering

Filtering dan pemilah data adalah fungsi tambahan proxy server. Setiap pengiriman data melalui internet akan disaring terlebih dahulu untuk mencegah serangan virus atau malware.

Caching

Proxy server juga melakukan caching, yang berarti data sementara dari aktivitas internet disimpan di server. Dengan demikian, ketika Anda ingin mengakses data itu lagi, proxy server akan memberikan data yang telah disimpan sebelumnya.

Apa manfaat Proxy Server?

Proxy server hadir dengan beberapa manfaat yang dapat memberi anda keuntungan, diantaranya adalah:

Keamanan yang Ditingkatkan 

Dapat bertindak seperti firewall antara sistem Anda dan internet. Tanpa mereka, peretas memiliki akses mudah ke alamat IP Anda, yang dapat mereka gunakan untuk menyusup ke komputer atau jaringan Anda.

Penjelajahan Terlindungi

Gunakan proxy yang berbeda untuk membantu Anda menghindari dibanjiri iklan yang tidak diinginkan atau pengumpulan data khusus IP. Dengan proxy, penjelajahan situs terlindungi dengan baik dan tidak mungkin dilacak.

Akses Konten Khusus Lokasi

Anda dapat menetapkan server proxy dengan alamat yang terkait dengan negara lain. Anda dapat, pada dasarnya, membuatnya terlihat seperti Anda berada di negara itu dan mendapatkan akses penuh ke semua komputer konten di negara itu diizinkan untuk berinteraksi. Misalnya, teknologi ini dapat memungkinkan Anda untuk membuka situs web yang dibatasi lokasi dengan menggunakan alamat IP lokal dari lokasi yang Anda inginkan.

Baca Juga:   Apa Itu GitHub? Cari Tahu Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Cegah Karyawan Menjelajahi Situs Tertentu

Anda dapat menggunakannya untuk memblokir akses ke situs web yang bertentangan dengan prinsip organisasi Anda. Selain itu, Anda dapat memblokir situs yang biasanya mengganggu karyawan dari tugas-tugas penting. Beberapa organisasi memblokir situs media sosial seperti Facebook dan lainnya untuk menghilangkan godaan yang membuang-buang waktu.

Apa saja jenis-jenis Proxy Server?

Tidak semua proxy server bekerja dengan cara yang sama. Penting untuk memahami dengan tepat fungsi apa yang anda dapatkan dari proxy server dan memastikan bahwa proxy server yang anda gunakan memenuhi kebutuhan penggunaan anda

Forward Proxy

Forward proxy berada di depan klien dan digunakan untuk mendapatkan data ke kelompok pengguna dalam jaringan internal. Ketika permintaan dikirim, server proxy memeriksanya untuk memutuskan apakah harus melanjutkan dengan membuat koneksi.

Forward proxy paling cocok untuk jaringan internal yang membutuhkan satu titik masuk. Ini memberikan keamanan alamat IP bagi mereka yang berada di jaringan dan memungkinkan kontrol administratif langsung. Namun, proxy ke depan dapat membatasi kemampuan organisasi untuk memenuhi kebutuhan pengguna akhir individu.

Reserve Proxy

Tidak seperti forward proxy, yang berada di depan klien, reverse proxy diposisikan di depan server web dan meneruskan permintaan dari browser ke server web. Ia bekerja dengan mencegat permintaan dari pengguna di tepi jaringan server web. Kemudian mengirim permintaan ke dan menerima balasan dari server asal.

reverse proxy adalah pilihan kuat untuk situs web populer yang perlu menyeimbangkan beban banyak permintaan masuk. Mereka dapat membantu organisasi mengurangi beban bandwidth karena mereka bertindak seperti server web lain yang mengelola permintaan masuk. Kelemahannya adalah reverse proxy berpotensi mengekspos arsitektur server HTTP jika penyerang mampu menembusnya. Ini berarti administrator jaringan mungkin harus meningkatkan atau memposisikan ulang firewall mereka jika mereka menggunakan reverse proxy.

Baca Juga:   MikroTik Adalah : Fungsi, Jenis & Cara Settingnya!

Transparent Proxy

Transparent proxy memberi tahu website bahwa ia adalah proxy server dan masih akan meneruskan IP address anda, mengidentifikasi anda ke server web. Bisnis, perpustakaan umum, dan sekolah sering menggunakan transparent proxy untuk pemfilteran konten. Proxy jenis ini mudah diatur baik dari sisi klien maupun sisi server.

Anonymous Proxy

Anonymous proxy akan mengidentifikasi dirinya sebagai proxy, tetapi tidak akan meneruskan IP address anda ke website. Ini mencegah pencurian identitas dan menjaga kebiasaan menjelajah anda tetap pribadi. Mereka juga dapat mencegah website untuk menyajikan konten pemasaran bertarget berdasarkan lokasi anda.

Misalkan, jika cnn.com tahu anda tinggal di Surabaya, mereka akan menampilkan berita yang mereka rasa relevan dengan Surabaya. Menjelajah secara anonim akan mencegah website menggunakan beberapa teknik penargetan iklan.

Distorting Proxy

Distorting proxy meneruskan IP address palsu untuk anda saat mengidentifikasi dirinya sebagai proxy. Ini melayani tujuan yang sama seperti anonymous proxy, tetapi dengan mengirimkan IP address palsu. Dengan begitu, anda dapat tampak berasal dari lokasi yang berbeda untuk mengatasi pembatasan konten.

High Anonimity Proxy

High anonymity proxy secara berkala mengubah IP address yang mereka sajikan ke server web, sehingga sangat sulit untuk melacak lalu lintas tersebut milik siapa. Jenis proxy ini adalah cara paling private dan aman untuk membaca dan menjelajahi internet.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

Terlepas dari itu, jika anda sedang mencari VPS dengan teknologi terbaik, anda dapat menggunakan VPS dari Nevacloud. Tunggu apalagi? kunjungi website Nevacloud dan temukan beragam penawaran menariknya!

Avatar for Hiqbal Fauzi

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.