Rupiah Indonesia Dapatkan Gratis Saldo Rp70.000!

Istilah framework mungkin tidak asing lagi bagi Anda yang bergelut di bidang pengembangan web. Untuk mempercepat pengembangan situs web dan aplikasi, diperlukan framework canggih. Codeigniter adalah framework yang paling populer digunakan oleh developer.

Sebuah framework adalah sebuah wadah yang berisi kumpulan kelas, prosedur, instruksi, dan fungsi yang dirancang untuk membantu pemrograman. Seorang developer dapat menghemat waktu dan tenaga dengan menggunakannya. Karena banyaknya fitur dan kinerjanya, framework open source seperti codeigniter menjadi populer di kalangan web developer.

Apakah Anda tahu apa itu codeigniter? Bagaimana itu berfungsi? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab oleh Nevacloud dalam artikel ini secara ringkas dan lugas. Ya, tunggu sampai selesai.

Pengertian Framework Codeigniter

Codeigniter adalah framework MVC (Model View Controller) PHP yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dengan cepat. Sebagian besar developer lebih suka membuat proyek mereka di codeigniter karena dokumentasinya yang ringan dan mudah dipahami.

Pola pegembangan MVC adalah pendekatan software yang memisahan logika aplikasi dari presentasi. Dalam praktiknya, memungkinkan halaman web anda untuk berisi scripting seminim mungkin karena presentasi terpisah dari scripting PHP.

Model mewakili struktur data anda. Biasanya,kelas model anda akan berisi fungsi yang membantu anda mengambil, menyisipkan, dan memperbarui informasi dalam database anda. 

View adalah informasi yang disajikan kepada pengguna. View biasanya akan menjadi halaman web, tetapi di CodeIgniter, tampilan juga bisa menjadi fragmen halaman seperti header atau footer. Ini juga bisa berupa halaman RSS, atau jenis “halaman” lainnya.

Baca Juga:   Public Cloud: Pengertian, Keuntungan dan Cara Kerjanya!

Controller berfungsi sebagai perantara antara Model, View, dan sumber daya lain yang diperlukan untuk memproses permintaan HTTP dan menghasilkan halaman web.

Codeigniter adalah salah satu framework PHP terbaik yang menawarkan platform pengembangan open-source. Ini membantu pengembang PHP dengan menyediakan cara termudah untuk menggunakan metode modular dan mendapatkan fungsi eksplisit. Sangat mudah untuk membangun aplikasi web dinamis dan aman berskala besar karena urlnya yang ramah. Ini memiliki sifat debugging hebat yang mengidentifikasi bug secara instan dan menampilkan peringatan dan kesalahan.

Fitur-Fitur Framework Codeigniter

Berikut ini adalah beberapa fitur yang dapat anda gunakan ketika mengembangkan aplikasi web dengan menggunakan framework codeigniter:

XSS Filtering

Salah satu jenis serangan siber yang dikenal sebagai cross-site scripting (XSS), yang biasanya dilakukan oleh pencuri untuk mencuri data penting, mengambil cookie, hingga memasukkan program tak dikenal. Sekarang, XSS filtering adalah salah satu sistem keamanan yang kuat di Codeigniter.

Template Engine Class

Jika dibutuhkan, pengembang dapat memilih template parser dengan Codeigniter. Jika Anda membutuhkan sintaks yang lebih sederhana, template engine adalah pilihan yang bagus. Selain itu, proses pengerjaan jauh lebih praktis dan lebih cepat daripada PHP Native.

Built In Library

Built in library adalah fitur hebat lainnya dari codeigniter yang memungkinkan pengguna mencari berbagai solusi coding dan petunjuk menarik. Tantangan atau kesulitan apa pun pasti pernah dialami oleh orang lain. Dengan fitur arsip tertanam, semua masalah dan solusinya dapat diakses secara lengkap.

Ringan

Sebagai pengguna, Anda pasti lebih suka perangkat lunak yang dimuat dengan cepat, bukan? Setelah diinstal, beberapa framework kontemporer membutuhkan waktu kurang dari satu detik untuk memuat. Performa yang lebih baik ditawarkan oleh Codeigniter, yang dapat dimuat pada perangkat dengan waktu kurang dari 50 milisekon.

Baca Juga:   7+ Free Image Hosting Terbaik Untuk Hemat Disk Space

Footprints Kecil

Anda dapat dengan cepat mengerjakan pembaruan dengan source code codeigniter dengan sintaks PHP karena seluruh ukuran basis kode melonjak dalam 2MB.

Cara Kerja Framework Codeigniter

Codeigniter adalah framework MVC. Hal ini berarti ketika pengguna meminta sumber daya, controller merespons terlebih dahulu. Controller memahami permintaan pengguna kemudian meminta data yang diperlukan jika perlu.

Misalnya, jika anda ingin mengambil pelanggan dengan id=3, controller akan menerima permintaan anda, lalu meminta model codeigniter untuk mengambil catatan dengan id 3. Model codeigniter akan mengembalikan catatan ke controller. Controller kemudian meneruskan hasilnya ke view yang memformatnya kedalam format yang dapat dibaca oleh manusia. Selanjutnya, hasilnya akan dikembalikan ke pengguna di browser.

Keunggulan Framework Codeigniter

Keamanan

Keamanan adalah prioritas nomor satu dari setiap perusahaan pengembang web. Proses enkripsi dan dekripsi lanjutan tersedia dalam konfigurasi codeigniter. Fungsionalitas bawaan CodeIgniter yang beragam dan fitur yang kaya keamanan adalah alasan mengapa banyak yang memilih untuk menggunakannya untuk membangun situs web yang dapat diskalakan dan aman.

Lebih Sedikit Kode

Mengembangkan aplikasi web yang kuat dan cepat dengan codeigniter sangat dianjurkan. Proses pengembangan disederhanakan dengan penyiapan library dan API, sehingga anda tidak perlu menambahkan third party

Mudah Digunakan

Ribuan developer di seluruh dunia menggunakan framework codeigniter. Dengan bantuan tutorial dan komunitas, anda dapat dengan cepat menyelesaikan masalah yang kompleks. Dalam jangka waktu yang singkat, developer akan dapat menguasainya.

Pendekatan Ramah SEO

CodeIgniter bisa menjadi penyelamat bagi bisnis karena dilengkapi dengan paket fitur ramah SEO yang melekat. Bisnis yang ingin menyentuh peringkat teratas di Google akan memilih untuk memiliki basis ini. Fitur-fiturnya mendukung struktur situs web yang konsisten karena fungsinya dapat ditingkatkan tanpa mengganggu tata letak situs web.

Baca Juga:   Apa Itu Managed VPS dan Perbedaanya dengan Unmanaged

Penanganan Bug

Framework ini melindungi aplikasi dari ancaman keamanan seperti serangan cross-site scripting, SQL injection dan remote code execution. Ancaman keamanan dapat dicegah dengan menghentikan beberapa fungsi dan dengan pemasangan plug-in. Ini adalah keuntungan dari menarik sama untuk kedua pengembang aplikasi PHP CI serta pemilik aplikasi. Antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna dari kerangka kerja ini membantu menangani dan mendeteksi kesalahan dalam aplikasi. Framework ini menyediakan pesan dan instruksi debugging tertentu yang terkait dengan penanganan bug. Dengan bantuan kerangka kerja ini, semua kesalahan PHP terlihat dalam aplikasi.

Opsi Pengaturan yang Lancar

Dengan bantuan fitur validasi, kode dapat ditulis dalam satu baris yang bersifat bebas kesalahan. Pengembangan Aplikasi CodeIgniter membutuhkan lebih sedikit usaha dan waktu. Hal ini karena dokumentasi yang kuat dan jelas bahwa programmer PHP dapat dengan mudah mengembangkan berbagai aplikasi web yang dapat dengan mudah diatur. Sifat mudah dari kerangka kerja ini memungkinkan pengguna untuk mengkonfigurasi tugas-tugas umum yang terkait  dengan pengembangan web.

Tertarik Untuk Menggunakan VPS dengan teknologi terbaik dari Nevacloud?

CodeIgniter adalah framework open-source terbaik yang menawarkan PHP. Karena URL-nya yang ramah, pengembang merasa mudah untuk membangun aplikasi web berskala besar, dinamis, dan aman.

Anda pasti sudah mengerti apa itu codeigniter, termasuk keuntungan, dan cara kerjanya. Salah satu framework open-source yang paling populer berbasis MVC untuk mengembangkan website atau aplikasi adalah Codeigniter. Codeigniter tidak menghabiskan banyak ruang penyimpanan dan sangat kecil.Terlepas dari itu, jika anda sedang mencari VPS dengan teknologi terbaik, anda dapat menggunakan VPS dari Nevacloud. Tunggu apalagi? kunjungi website Nevacloud dan temukan beragam penawaran menariknya!

Avatar for Hiqbal Fauzi

About Author

Hiqbal Fauzi

As SEO Specialist at Deneva with a bachelor's in animal husbandry, passionate about digital marketing, especially in SEO.